Monday, April 14, 2008

Teman masa kecilku


Hari ini temenku Endang Herwati ulang tahun, yang ke 50 tahun.
Ada rasa haru yang dalam dihati ini, ketika tadi pagi saya kirim sms padanya.

Kebayang banget sekilas lintas, jaman kami masih SD, selain kita satu kelas juga kita sering bermain bersama. Mulai dari berkebun dikebun belakang rumahku, lalu kita jahit baju boneka bersama *saat itu saya sudah bisa jahit baju boneka pake mesin jahit mamieku*.
Banyak kegiatan kita lakukan bersama saat itu, hingga kita masuk ke SMP kita gak satu sekolah lagi, Watiek *begitu aku manggil dirinya*, masuk ke SMP 1 dan aku masuk SMP 2 Bandung.
Meskipun demikian kontak masih sering, juga saling bercerita walau tak sesering jaman waktu SD. Hingga tiba suatu saat selagi kita masih di SMP ortu Watiek dipindah ke Jakarta, hingga kita harus benar2 berpisah.

Kebetulan Watiek dan aku neh demen banget tulis surat *jaman tahun 70 an lho belum ada inet*, jadi kita masih sering komunikasi bercerita tentang apa ajah...meskipun gak terlalu sering.
Hingga akhirnya awal kuliah keluargaku juga pindah ke Jakarta, aku kuliah di UKI Cawang, dan Watiek kuliah di FISIP UI.
Gak pernah ketemuan juga tapi tetep bersuratan ria, walau sudah sekota....
akhirnya teleponan juga seh...hanya kalau surat2an tuh bisa ngobrol rahasia heheheheh....
Akhirnya kalau tak salah tingkat 2 deh kita pertama kali lagi ketemuan, setelah sekian lama terpisah, padahal rumahnya Watiek tuh gak jauh dari kampus aku, di PasarRebo ajah...
Inget banget gak Tiek, kita ketemuan di gramedia, janjian dengan bilang : kalau lupa ama aku, aku pake baju kotak2 .....*gak ada sms soale*
duh rasanya ketemu teman lama...
Setelah itu kita sering ketemuan, lha wong rumahnya gak jauh dari kampusku, hingga akhirnya aku bekerja, dan Watiek juga berkerja...

Kita sempet ketemuan lagi ketika Watiek dah kerja dan dines di bandara, ketika aku akan ke Belanda pertama kalinya ketika saya masih tunangan dengan si mbah, judule mah jalan2 tapi ngecek reputasi simbah di Delft... penting neh buat masa depan soale...

Ketika Watiek menikah gak sempet saya hadir, karena undangan yang datang kerumahku telat datangnya...hiks sedih.....*tau ajah pos jaman itu*
Tapi ketika saya menikah, Watiek dan suami sempet hadir....bahkan sempet mengantar kami kebandara ketika kami akan ke Belanda.
Juga kebetulan pas dines, malah masih inget daku, Watiek tuh sampai bawa cap imigrasi ngejar suamiku, gara2 suami ketinggalan boarding pass di bebas fiskal dan paspor belum dicap, karena hampir telat masuk pesawat... hehehehe.
Ketika suami pulang duluan ke Indonesia setelah selesai sekolahnya, sekian tahun kemudian inget banget Eddy suami Watiek yang jemput *biar lancar oiyyyy, tahu ajah deh* (kebetulan Eddy dan watiek satu kantor)
Dan ketika saya pulang dari Belanda (saya nyusul pulangnya)* ya Watiek yang jemput di bandara, kebetulan abis dines jadi dia gak pulang tapi nunggu aku dulu mendarat.

Lalu kami kan tinggal di Bandung jadi komunikasi agak tersendat, lalu kami pindah ke Bontang tambah lagi....eh Watiek dan keluarga pindah ke Medan dan Lampung lalu kalau gak salah terakhir Riau deh, sebelum akhirnya sekarang di Jakarta lagi...
Sempet sekali nulis surat ke Medan, juga terakhir Riau, abis itu ilang lupa kontakan lagi ama dia... maklum sama2 sibuk.

Hanya saja saya selalu inget alamat dan telponnya rumah ortunya Watiek, jadi setiap kali keilangan jejak temen neh aku telpon ortunya....
sempet akhirnya ketika aku akan pindah dari Bontang hubungan mulai terjalin lagi, dengan alamat rumahnya Watiek yang didapat dari adiknya yang masih tinggal di ortunya.
Lha diajakin emailan katanya gaptek, jadi aku nulis surat ajah, back to 70th..... *masih ada di file aku tuh alamat yang aku print buat ditempel diamplop surat yang aku kirim*
Duh Tiek..... mbok ya blajar tho ya....

Akhirnya ketika aku tinggal di AD malah kontak ama Watiek nih sering, enak udah ada Hape bisa sms atau telponan, tapi chatting atau emailan...heheheh jangan harap....
Sempat aku main kerumahnya, juga dia udah ketemuan kami di apartemen, dan yang paling sering aku ke kantornya mampir sebentar2 kalau pas mudik.
Nhaaa demennya ketika Watiek neh di Australia dikirim ama kantornya eh dia mulai beremail ria, dan malah ngempi....
Sayangnya ampe sekarang tuh empi masih gitu ajah...kapan tau kagak pernah dibuka lagi.... dasar deh loe Tiek....

Sekarang neh tante jabatannya dah bagus dikantornya, tiap aku datang dan pergi dari Indonesia selalu telpon doi, just in case ajah, tapi alhamdulillah sampai saat ini belum pernah ngerepotin si ibu neh dan rekan sejawatnya...
Tapi kok anehnya gak afdol kalau gak telpon doi sebelum masuk atau keluar bandara.... heheheheh dasar gw yah ?
Gak kok, aku bukan tipe yang "using" temen, kalau gak kepepet banget gak bakalan aku telpon doi, dan mudah2an gak bakalan kepepet deh....
tapi nice to have Watiek sebagai sobat yang willing banget nolong aku....

*eh tapi pernah deng ketika Bamby repot ama pembuatan paspor di Samarinda, heheheh sekejab deh jadi.....sampai orang kantor suami yang kasih urus bingung, katanya never happened before......*
hehehe gak tau ada telpon dari siapa yang sakti...., makasih ya Tiek...

Masih terharu banget, persahabatan yang puluhan tahun terbina dengan baik, tanpa ada setetespun cacat cela....suatu rekor memang, dan tadi balasan smsnya Watiek, "kayak Madonna lho umur 50 tuh, gak pernah kebayang gw bakal umur 50 tahun.... ".

Selamat Ulang tahun sobatku ....
Semoga persahabatan kita langgeng terus ya sampai akhir hayat.... Amien.
*lagi terharu banget*

1 Comments:

At 6:24 PM, Blogger endang.tiek said...

hi dear, jgn kaget ya baru hari ini aku komen atas tulisannya ... rasanya tersanjung dan terharu .. hiks ...kapan pulang kampung ? kabar kabari ya ... klo membaca tulisanmu aku ingin juga nuliss tapi kapan yaa ?!someday pokoknya aku akan nulis deh ... mhn dukungan dan bimbingannya .. ( hi hi hi .. pns banget yaa ) oks deh sampai nanti yaaa

 

Post a Comment

<< Home